Trick Menghemat Daya Baterai Laptop



Salah satunya fakta mengapa beberapa orang pilih laptop dibanding computer ialah sebab fleksibilitasnya. Piranti itu dapat dibawa ke mana-mana, lebih praktis, serta efektif.

Tetapi untuk memberi dukungan, kamu membutuhkan baterei yang bertahan lama. Bila tidak, kamu harus bolak-balik cari stop kontak untuk isi daya. Laptop keluaran paling baru yang mengklaim mempunyai baterei super juga harus tetap di-charge.

Untungnya ada beberapa trick yang dapat perpanjang daya bateraimu dalam sekali pemakaian. Yuk, baca di bawah ini!

1. Meredupkan sinar monitor seminimal mungkin ialah langkah penting untuk mengirit daya baterei laptop

Monitor salah satu sisi laptop yang terbanyak mengisap daya baterei. Oleh karenanya, meredupkan cahayanya dapat efisien meningkatkan waktu untuk memakai piranti itu tanpa ada listrik.

2. Ubahlah power settings dari Balanced ke Power Saver untuk memaksimalkan pemakaian baterei

Memang perform laptop tidak semaksimal saat kamu pilih Balanced, tapi langkah berikut efisien untuk perpanjang daya bateraimu. Terutamanya saat tidak sedang ada listrik di sekitarmu.

3. Matikan WiFi bila kamu tidak membutuhkannya

Upayakan kamu mematikan semua koneksi yang berada di laptop untuk mengirit baterei. WiFi habiskan baterei dengan menarik dayanya dengan terus-terusan. Ditambah lagi bila koneksimu lemah. Tidak itu saja, yakinkan Bluetooth pun tidak nyala sebab dia mempunyai dampak yang sama dengan WiFi.

4. Matikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang sebab mereka akan habiskan baterei

Triknya, membuka menu Start > Run > tuliskan “Msconfig” tanpa ada sinyal petik. Nantikan sampai ada boks diskusi, membuka tab Startup, click Open Task Manajer. Disana kamu dapat pilih aplikasi mana yang akan kamu matikan.
Diluar itu, jauhi pemakaian aplikasi yang memerlukan daya besar. Misalnya game, aplikasi pemrosesan grafis, koreksi video, dan lain-lain.

5. Cabut semua piranti yang menyambung ke laptopmu sebab mereka dapat ambil daya yang kamu perlukan

Bila kamu jauh dari listrik, upayakan tidak menyambungkan beberapa hal ke laptopmu. Dari mulai handphone, speaker, USB flash drive, atau serta mouse.

6. Yakinkan CD/DVD drive laptop sedang kosong

Meskipun kamu tidak memakainya, jangan tinggalkan CD atau DVD di laptop. Tanpamu sadari, kamu akan kehilangan banyak daya baterei sebab dia selalu berputar-putar di perangkatmu.

7. Jangan pakai speaker laptop terlalu berlebih saat sedang tidak terhubung ke listrik

Kamu dapat memakai model mute atau memperkecil suaranya. Diluar itu, jauhi pemakaian software yang memerlukan feature suara.

8. Jangan lakukan up-date skema operasi atau pemindaian virus
Menunda semua up-date serta pemindaian saat kamu sedang memerlukan baterei laptop. Ini sebab aplikasi yang menjalankannya akan memakai baterei untuk lakukan scan ke semua folder. Tentu saja ini memerlukan daya baterei yang besar.

9. Membersihkan fan laptop yang berada di sisi bawah dengan teratur

Fan yang berada di sisi bawah laptop menggenggam peranan yang cukup penting. Dia berperan untuk jaga temperatur laptopmu. Maka, kamu harus rajin membersihkannya supaya debu tidak menumpuk. Dengan demikian, skema keluar-masuknya udara lancar serta terlepas dari overheating.

10. Jauhi pemakaian laptop di lingkungan yang panas atau dibawah matahari

Suhu seputar yang tinggi dapat punya pengaruh pada laptop, lho. Piranti itu akan overheating serta pada akhirnya baterei cepat habis.

Beberapa cara di atas akan kerja efisien pada baterei laptop yang keadaannya baik, ya. Bila memang bateraimu telah boros sebab telah dipakai lebih dari tiga tahun, semestinya ubah saja dengan yang baru.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar