Table of Content

Postingan

Perbedaan mode Trunk dan Access

Perbedaan mode Trunk dan Access, Trunk adalah penghubung antara vlan satu dengan vlan lainnya, Access adalah penghubung antara satu client dan client lain nya dalam satu jaringan atau satu vlan yang sama.


Dalam sebuah jaringan ternyata banyak sekali istilah istilah aneh yang sulit dipahami, namun jika kita belajar dengan seksama maka hasilnya tidak akan merugikan melainnya akan menambah wawasan yang kita miliki, dalam Cisco sendiri banyak sekali istilah istilah yang sangat penting contohnya trunk dan access, trunk dan access memiliki fungsi nya masing masing, istilah itu sangat sering digunakan dalam sebuah cinfigurasi sebuah jaringan, entah itu di sekolah , kampus, kantor sampai perusahaan.

trunk dan akses memiliki tugasnya masing masih, berikut penjelasan singkat tentang apa itu dan perbedaan mode trunk dan mode access

Trunk adalah penghubung antara vlan satu dengan vlan lainnya, begitulah bahasa agar mudah dipahami, fungsi trunk adalah untuk melewati vlan yang berbeda dalam satu jaringan, misalkan anda akan menghubungkan antara switch satu menggunakan vlan 100 dan switch 2 menggunakan vlan 200 tentu saja tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan port mode trunk, trunk berfungsi untuk memperluas wlan agar terhubung antara satu dengan yang lain.


Access adalah penghubung antara satu client dan client lain nya dalam satu jaringan atau satu vlan yang sama. Agar satu client dapat terhubung dengan client lainnya dengan satu jaringan yang sama maka gunakanlah port mode access, ini juga berfungsi untuk membatasi antara jaringan yang menggunakan banyak vlan, dalam kata lain access membatasi lalu lintas antara vlan satu dengan vlan lainnya.


Contoh kasus

Ruangan depan dan ruangan belakang
Ruangan depan menggunakan vlan 100 dan
Ruangan belakang menggunakan vlan 200

Dan Mereka berdiri dalam 1 jaringan yang sama tetapi beda vlan

Jika ingin menghubungkan antra ruang depan dengan ruang belakang maka gunakanlah port mode trunk

Dan Jika ingin membatasi antara ruang depan dan belakan cukup gunakan port mode access

Sekian, semoga menambah wawasan kita semua

Berbagi ilmu adalah sunnah, mari share artikel ini untuk berbagi ilmu kepada teman" dan sodara kita.

Saya seorang lulusan SMK
Mungkin Kamu Suka !

2 komentar

  1. Situs yang membahas Tentang SEO, Wordpress, Network : cisco dan MikroTik, lengkap juga android dan windows, tools android terlengkap di Https://www.xid.biz.id
  2. XID.BIZ.ID