Postingan

Teknologi Dan Budaya

Teknologi Dan Budaya ikramlink , perbedaan teknologi dan budaya

TEKNOLOGI DAN BUDAYA
 
Teknologi merupakan suatu perkembangan alat yang dapat digunakan oleh setiap manusia agar aktivitasnya semakin mudah. Melihat perkembangan teknologi yang terjadi begitu cepat dari tahun ke tahun. Dengan adanya teknologi kebutuhan manusia semakin dipermudah baik dalam kegiatan industri, sehari-hari dan lain-lain. Dengan begitu, hal ini dapat mempengaruhi pola pikir manusia yang semakin menurun mengenai kebudayaan milik mereka.

Hubungan Teknologi dan Kebudayaan
Kebudayaan dan teknologi memiliki hubungan antara satu sama lain. Dimana dengan adanya teknologi kebudayaan yang lama dapat dilestarikan dengan teknologi-teknologi yang lebih canggih. Seperti contoh berikut ini :

Alat Produksi
Bila kita melihat alat produksi di bidang pertanian pada masa lalu tentu berbeda dengan masa sekarang. Pada jaman dahulu orang ketika panen masih menggunakan alat yang terbuat dari kayu. Seiring perkembangan jaman, alat untuk panen kini sudah berubah menjadi lebih efektif. Sekarang alat yang digunakan untuk panen menggunakan mesin.

 Senjata
Bila melihat dari segi senjata, pastinya anda tahu kan dulu masyarakat Indonesia berperang dengan menggunakan senjata seadanya saja seperti bambu runcing dan alat seadanya. Seiring perkembangan jaman, kini senjata sudah berubah menjadi lebih mematikan dan tajam untuk menghabisi musuh. Akan tetapi senjata tersebut tidak dapat digunakan secara sembarangan. Senjata tersebut hanya bisa digunakan dalam keadaan genting saja.

Alat Menyalakan Api
Pada jaman dahulu, orang-orang membuat api dengan menggunakan batu yang digesek-gesekan. Hal itu membutuhkan waktu yang lama untuk menaylakannya. Berbeda dengan jaman sekarang, semuanya sudah tersedia dengan mudah, untuk membuat api anda tinggal membeli korek saja di warung-warung. Untuk menanak nasi sekarang menjadi lebih mudah dengan menggunakan kompor gas. Perubahan sangat jelas bila dilihat dari segi ini.

Makanan
Coba anda bayangkan jenis makanan seperti apa yang dimakan oleh orang-orang jaman dulu. Untuk makan saja mereka kesulitan untuk mencari bahan makanan yang akan dimasak. Berbeda dengan sekarang, banyak orang sudah menikmati makanan dengan berbagai menu sesuai keinginan. Untuk mengolahnya pun sangat mudah, sekarang sudah tersedia banyak bahan makanan dan alat-alat yang canggih untuk memasak.

Demikian beberapa informasi mengenai hubungan antara teknologi dan kebudayaan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

About the Author

Saya seorang lulusan SMK

Posting Komentar

Cookie Consent
Ikramlink.com serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.