Cara Memantau Penggunaan Data internet pada Android









Cara Memantau Penggunaan Data internet pada Android





Streaming musik online di joox/spotify maupun streaming di youtube memang menjadi trend saat ini. Ada yang menonton Youtube hanya untuk mengisi waktu luangnya saja, namun ada juga yang menjadikannya sebagai kebutuhan.

Streaming satu jam di Youtube dengan kualitas standar saja sudah bisa menghabiskan ratusan megabyte belum lagi jika kita melalukan hal lain, seperti mendengarkan musik online, mencari referensi untuk mengerjkana tugas, dsb. Tujuan dari artikel kali ini adalah, supaya teman-teman bisa memantau dan menghemat pengeluaran kalian agar tidak habis untuk membeli paket data saja.

Pertama-tama, buka pengaturan>Nirkabel & Jaringan>Penggunaan data. Makan akan muncul layar seperti yang terlihat dibawah ini.



Jika teman-teman scroll terus kebawah, maka akan terlihat “Penggunaan data seluler berdasarkan aplikasi”, seperti yang terlihat dibawah ini.



Perlu teman-teman ketahui bahwa grafik diatas ini hanya menampilkan data yang dipakai melalui koneksi data seluler kalian, bukan melalui koneksi WI-FI. Namun jika ingin melihat penggunaan data WI-FI, teman-teman bisa langsung menekan tombol “More” dan pilih “Tampilkan penggunaan WIFI”




Selain pemantauan, kalian juga dapat mengatur peringatan data dengan dengan menyesuaikan bilah “warning” sesuai dengan keinginan kalian. Ketika penggunaan data sudah mencapai batas yang kalian tentukan, maka akan muncul peringatan untuk memberi tahu teman-teman sudah mencapai batas yang ditentukan.



Kalian juga bisa mengaktifkan opsi “Tetapkan batas data seluler”, lalu geser bilah orange untuk menentukan batas penggunaan data teman-teman. Ketika kalian sudah mencapai batas itu, maka data seluler teman-teman akan otomatis dinonaktifkan.


Selamat Mencoba gaes.



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar