Tips Merawat HDD atau Hardisk External




HDD atau Hardisk External merupakan media penyimpanan data berupa file Document, musik, aplikasi, video, foto. 
ada pun ukuran kapasitas hardisk, mulai dari 320 GB, 500GB, 1 TR, 2 TR, yang sering saya jumpai sekarang, fungsinya sama yaitu untuk menyimpan fill data kita, 

dan ini ada beberapa tips untuk menjaga atau merawat, agar terminimalisir dari kerusakan hardisk, nyesek kan rasanya apa bila data kita yang simpan tiba tida tidak bisa kita temukan lagi dikarenakan hardisk tersebut rusak, entah itu dokumen kantor, foto keluarga dan lain sebagainya.

Tips - tips Merawat HDD

Jangan memasukkan HDD ke dalam tas anda dengan posisi kabel terpasang

ini biasanya kebiasaan yang tergesa-gesa atau terburu-buru, mungkin lantaran banyak kerjaan dan lain sebagainya sehingga lupa melepas kabel dari hardisk, sehingga bisa menimbulkan konekton atau port hardisk rusak atau patah,

Gunakan HDD pada permukaan yang datar dan posisi konektor USB tidak terganggu

usahakan menggunakan Hardisk External di posisi yang permukaannya datar, untuk meminimalisir kerusakan, dikarenakan dapat mengganggu pembacaannya data pada optik di dalam hardisk itu sendiri, 

Cabutlah kabel USB secara perlahan dengan menarik kepala konektornya, bukan kabelnya

Cabut kabel secara perlahan, terkadang karna terburu - buru ingin pulang dari tempat kerja atau dimana kah itu, pas mencabut kabel usb bukan pada kepala koneltornya, melainnkan di kebelnya, ini beresiko putusnya atau patahnya konektor pada hardisk tersebut.

Hindari menempatkan HDD di tempat yang sering bergetar

usahakan untuk menaruh hardisk di tempat yang tidak goyang, ini meminimalisir kerusakan pada optik pembaca data di dalam hardisk.

Jauhkan dari benda bermagnet

Komponen mekanik pada hardisk eksternal membuat hardisk eksternal rentan pada gerakan paksa. Dan kehadiran magnet bisa secara paksa menarik komponen dalam hardisk eksternal kamu. Tarikan paksa tersebut bisa membuat sistem kerja hardisk eksternal rusak.

Jauhkan dari Cairan

Sebisa mungkin untuk menjauhkan hardisk dari cairan, hardisk rentan sekali rusak apabila terkena cairan, dikarenakan hardisk memiliki aliran listrik yang dimana kita sendiri tau jika terkena air akan menimbulkan kerusakan atau konsleting listrik pada komponen-komponen hardisk itu sendiri.


Jangan di banting atau hindari dari benturan

jika terbentur biasanya akan menimbulkan bad sector pada hardisk, karena hardisk memiliki komponen yang bergerak saat digunakan, sehingga bila terjadi benturan bisa jadi akan tergesernya komponen - komponen di dalam hardisk itu sendiri.

Selalu Gunakan opsi "Safe Remove Hardware"

usahakan untuk menggunakan opsi ini, ini poin penting untuk menjaga agar tidak korup nya file di dalam hardisk..


sekian mungkin tips dari saya, semoga bermanafaat untuk mejaga dan merawat hardisk ke sayangan, selain banyak data - data penting didalamnya, hardisk itu juga mahal :D jadi rawatlah dengan baik... :)

Anda mungkin menyukai postingan ini