Macam-macam penyakit kulit dan cara mengobatinya

Macam-macam penyakit kulit dan cara mengobatinya


Hadang penyakit kulit dengan Herbal!

    Kulit merupakan bagian terluas penyusun tubuh manusia yang terletak paling luas menutupi seluruh permukaan tubuh. Karena letaknya paling luar, maka kulit yang pertama kali menerima rangsangan seperti sentuhan, rasa sakit, maupun pengaruh buruk dari luar.
    Gangguan pada kulit sering terjadi dikarenakan berbagai factor deperti Iklim, lingkungan tempat tinggal, kebiasaan hidup yang kurang sehat, alergi, dll
Beberapa jenis gangguan kulit diantara lain :

1. Eksim (Ekzema)
   Eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit memerah-merahan, bersisik, pecah-pecah, terasa gatal, terutama pada malam hari (Eksim Kering), timbul gelembung gelembung kecil yang mengandung air atau nanah, bengkak, melepuh, tampak merah, sangat gatal dan terasa panas, dan dingin yang berlebih-lebihan pada kulit (eksim basah). Bagian tubuh yang sering diserang eksim yaitu tangan, kali, lipatan paha, dan telinga.

    Eksim disebabkan karena alergi terhadap rangsangan zat kimia tertentu seperti yang terdapat dalam detergen, sabun, obat-obatan dan cosmetic, kepekaan terhadap jenis makanan tertentu seperti udang, ikan laut, telur, daging ayam, alcohol, vetsin (MSG), dll

Cara mengatasi penyakit Eksim ini,
a. 30 gram rimpang temu lawak + 15 gram asam jawa tanpa biji + gula aren secukupnya, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring dan di minum, lakukan 2 kali sehari.

b. Kunyit yang sudah tua secukupnya diparut, tambahkan 1 sendok the air kapur dan air perasan buah jeruk nipis, diaduk sampai rata, lalu oleskan pada bagian kulit terkena eksim. Lakukan 2-3 kali sehari.


2. Kudis (Skabies)
  Merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh parasait/tungau yang gatal yaitu Sarcoptes scabiel var hominis. Kudis lebih sering terjadi di daerah yang higienisnya buruk dan menyerang yang kurang orang yang kurang menjaga kebersihan tubuhnya, gejala yang timbul di antara lain : timbul gatal yang hebat pada malam hari, gatal yang terjadi terutama di baghian sela-sela jari tangan, dibawah ketiak, pinggang, alat kelamin, sekeliling siku, aerola (area sekeliling putting susu), dan permukaan depan pergelangan. Penyakit ini mudah sekali menular keorang lain secara langsung misalnya bersentuhan dengan penderita, atau tidak langsung misalnya melalui handuk dan pakaian si penderita.

Cara mengatasi penyakit Kudis ini,
a. 5 gram daun sendok + 10 gram sambiloto, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring airnya, diminum.

b. Daun midi secukupnya dicuci  dan dihaluskan, di tempelkan pada bagian kulit yang terkena kudis, kemudian di balut.

c. Kulit batang mini direbus, airnya digunakan unutk mencuci bagian yang sakit.


3. Kurap
    Kurap merupakan panyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gajalanya antara lain yaitu : kulit menjadi tebal dan timbul lingkaran-lingkaran, bersisik, lembab, berain dan terasa gatal, kemudian timbul bercak keputih-putihan. Kurap biasanya timbul karena kurang menjaga kebersihan kulit. Bagian tubuh yang biasanya terkena kurap yaitu tengkuk, leher dan kulit kepala.

Cara mengatasi kurap:
a. Daun ketepeng cina secukup nya dicuci, tambahkan sedikit tawas atau 1 sendok the kapur sirih, dihaluskan kemudian di gosokkan pada bagian kulit yang sakit. (ramuan ini juga dapat digunakan untuk penyakit kudis, eksim, dan panu)

b. 30 gram rimpang lengkuas + 1 siung bawang putih, dicuci dan dihaluskan , laul digosokan pada bagian kuli yang terkena kurap.