-->

Inilah factor-factor kerusakan lingkungan hidup oleh manusia | IkramLink96

Inilah factor-factor kerusakan lingkungan hidup oleh manusia



link gambar : http://dadap-bsd.blogspot.co.id/2016/05/daftar-gunung-gunung-di-jawa-tengah-dan.html


Kerusakan lingkungan hidup yang mengancam kelestarian hayati, sebagian besar disebabkan oleh kecerobohan manusia. Kecerobohan manusia terjadi karena factor kemiskinan, keterbelakangan, keserakahan, dan penerapan teknologi  yang tidak tepat. Beberapa bentuk kerusakan hidup oleh factor manusia di antaranya sebagai berikut :

Pencemaran polusi.
Pencemaran polusi adalah peristiwa perubahan keadaan alam (udara, air, dan tanah) karena adanya unsur-unsur baru atau meninggkatnya sejumlah unsur-unsur tertentu sehingga menimbulkan  menimbulkan gangguan terhadap kualitas hidup bahkan mengakibatkan kerusakan ekosistem. Berikut adalah jenis jenis pencemaran polusi :
1.     Pencemaran udara
Pencemaran udara adalah terganggunnya unsur-unsur udara oleh factor pencemaran, diantaranya factor pencemaan udara disebabkan oleh, asap industry, hasil limbah industry limbah pertambangan, asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah dan kebakaran hutan.
2.     Pencemaran air
Pencemaran air adalah rusaknya kualitas air karena terkontaminasi cairan kimia berbahaya seperti tumpahnya minyak, deterjen, pestisida, debu-debu radio aktif dan limbah pakrik, industri, sampah rumah tangga.
3.     Pencemaran tanah
Pencemaran tanah disebabkan oleh beberapa jenis, seperti sampah pelastik yang sudah hancur, botol, karat sintesis, pecahan kaca, kaleng dan lain lain.
4.     Pencemaran suara
Pencemaran suara adalah terganggunya ketenangan lingkungan antara bisingnya kendaraan bermotor, alat-alat berat dan mesin mesin industry.

Lahan Kritis
lahan kritis yang tandus karena unsur hara atau sangan sedikitnya kesuburan. Ada beberapa contoh yang disebabkan oleh manusia.
1.     Lahan krisis karena pencemaan limbah industry
2.     Lahan krisis karena penebangan hutan liar
3.     Lahan krisis karena bekas pengambilan bahan tambang secara berlebihan
4.     Lahan krisis karena system ladah berpindah denagn cara membakar hutan

Banjir
Ada beberapa contoh banjir yang terjadi karena ulah manusia
1.     Penebangan hutan secara besar-besaran
2.     Membuang sampah sembarangan (Sering terjadi oleh manusia-manusia ceroboh)
3.     Banyak bangunan di sepanjang aliran sungai-sungai sehingga mengganggu aliran air

Semoga manusia-manusia akan sadar dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang suka membuang sampah yang dapat menimbulkan banjir dan yang mempengaruhi kerusakan lingkungan agar terhindarnya pencemaran polusi, sehingga kita dapat hidup sehat, aman dan tentram.



Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>